Tinjau Lahan Pertanian Watomanuk, Distan Flotim Bertekad Optimalkan Pengairan

Spread the love

onlinentt.com,-Flotim-Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Flores Timur, Ir. Antonius Wukak Sogen didampingi Kabid Penyuluhan Pertanian Flotim, Frans W. Simboh, SPI, Pasiter Kodim 1624 Flotim, Kapten (Inf) Noer Marsida, Danramil 1624, C.Carlos, PLT BPP Wulanggitang, Veronika Watu, meninjau lahan pertanian Watomanuk yang berada di Desa Boru, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores, Selasa, 25/06/2019.

Area persawahan Watomanuk dengan luas kurang lebih 50 (Ha) tersebut pada musim kemarau mengalami kekurangan air sehingga penanaman padi hanya dilakukan di dataran rendah yang keberadaannya dekat dengan air sungai sehingga cukup muda disedot dengan musim pompa, bahkan ada beberapa petani yang menanam padi dengan memanfaatkan aliran air dari bocoran pipa air minum yang melintasi lokasi tersebut.
Pada areal tersebut hanya ada satu buah mesin pompa yang tentunya tidak mampu untuk mengairi lahan seluas 50 (Ha).

Dihadapan para petani, Kadis Anton mengatakan, untuk mengoptimalkan pengairan tersebut pihaknya akan melakukan survei terlebih dahulu.
“Nanti tim saya akan mengukur tingkat ketinggian dan jarak dari sumber air ke lokasi”. kata Kadis Anton.

Ia menjelaskan, sebagian sumber air untuk kebutuhan pertanian di Flores Timur letaknya berada pada dataran rendah sementara areal persawahan berada pada ketinggian.

“Kami akan berusaha mendorong dengan irigasi perpipaan, supaya lahan yang ada di persawahan Watomanuk ini dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Selanjutnya, dikatakannya lahan tersebut juga sedang diupayakan untuk penanaman bawang merah dengan luas 1 (Ha), sehingga dirinya berharap kepada petani agar tetap semangat dalam bertani dan selalu membangun koordinasi dengan penyuluh pertanian, Bhabinsa, serta pihak terkait lainnya. (*A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *