The Legen Of Llilith, Istri Pertama Adam

Spread the love

(Bahagian ke-1)

oleh: Aspenas Warkey Cohen

Breking News Israel-Online NTT, -ISRAEL,- Menurut Mitologi Yahudi, Lilith adalah istri Pertama Adams sebelum Hawva. Selama berabad-abad dia juga dikenal sebagai iblis succubus yang bersenggama dengan laki-laki selama tidur mereka dan mencekik bayi yang baru lahir.

Dalam beberapa tahun terakhir gerakan feminis telah mendapatkan kembali karakternya dengan menafsirkan kembali teks-teks patriarki yang menggambarkannya sebagai iblis wanita berbahaya dalam cahaya yang lebih bositif. Artikel ini membahas karakter Lilith dalam Alkitab

 

 

Talmud. dan Midrash

Anda juga dapat belajar tentang Lilith dalam tulisan-tulisan Abad Pertengahan dan feminis, dalam buku sejarah legenda bangsa Yahudi.

penulis Aspenas Warkey Cohen

Lilith dalam Akitab

 

Legenda Lilith berakar pada kitab Kejadian dalam Alkitab, di mana dua versi Penciptaan yang kontradiktif akhirnya mengarah pada konsep, “Malam Pertama”.  Catatan Penciptaan pertama muncul dalam Kejadian 1 dan menjelaskan penciptaan simultan dari manusia baik pria maupun wanita setelah semua tanaman dan hewan telah ditempatkan di Taman Eden. Dalam versi ini, pria dan wanita digambarkan sebagai orang yang sederajat dan keduanya merupakan puncak dari Ciptaan Tuhan. Kisah Penciptaan kedua muncul dalam Kejadian 2.

Di sini manusia diciptakan pertama dan ditempatkan di Taman Eden untuk merawatnya.

Ketika Tuhan melihat bahwa dia kesepian, semua binatang dijadikan sahabat baginya. Akhirnya, wanita pertama (Hawa) diciptakan setelah Adam menolak semua hewan sebagai mitra. Karenanya, dalam kisah ini laki-laki diciptakan terakhir diciptakan terlebih dahulu dan perempuan. Kontradiksi-kontradiksi yang jelas ini menghadirkan masalah bagi para Rabby kuno yang percaya bahwa Taurat adalah firman HaShem yang tertulis dan karena itu ia tidak dapat bertentangan dengan dirinya sendiri. Karena itu, mereka menafsirkan Kejadian 1 sehingga tidak bertentangan dengan Kejadian 2, muncul dengan ide-ide seperti androgyne dan “Malam Pertama” dalam prosesnya.

Menurut teori “Malam Pertama”, Kejadian 1 merujuk pada istri pertama Adam.  Sedangkan Kejadian 2 merujuk pada Hawa, yang merupakan istri kedua Adam. Akhirnya ide “Malam Pertama” ini digabungkan dengan legenda setan “Tillu wanita, yang diyakini membuntuti pria dalam tidur mereka dan memangsa wanita dan anak-anak. Namun, satu-satunya referensi eksplisit untuk “Lilith” dalam Alkitab muncul dalam Yesaya 34:14, yang berbunyi: “Kucing liar akan bertemu dengan serigala”, dan satyr akan menangis kepada sesamanya, ya, Lilith akan beristirahat di sana dan temukan dia tempat istirahat. Lilith di Talmud dan Midrash, Lilith disebutkan empat kali dalam Talmud Babel, meskipun dalam setiap kasus ini dia tidak disebut sebagai istri Adam. BT Niddah 24b membahasnya sehubungan dengan janin yang tidak normal dan kenajisan, dengan mengatakan: “Jika aborsi mirip dengan Lilith, ibunya tidak bersih karena kelahiran, karena itu adalah anak-anak, tetapi ia memiliki sayap.” Di sini kita belajar bahwa para Rabby yakin Lilith punya sayap dan dia bisa mempengaruhi hasil kehamilan. BT Shabbat 151b juga membahas Lilith, memperingatkan bahwa seorang pria tidak boleh tidur sendirian di rumah agar Lilith tidak jatuh menimpanya dalam tidurnya.

Menurut teks ini dan lainnya, Lilith adalah succubus wanita yang tidak berbeda dengan setan lillu yang disebutkan di atas. Para rabi percaya dia bertanggung jawab atas emisi malam hari ketika seorang pria sedang tidur dan bahwa Lilith menggunakan air mani yang dia kumpulkan untuk melahirkan ratusan bayi iblis.

Lilith juga muncul di Baba Batra 73a-b, di mana penampakan putranya dijelaskan, dan di Erubin 100b, di mana para rabi membahas rambut panjang Lilith sehubungan dengan Hawa. Sekilas hubungan Lilith yang akhirnya dengan “Malam Pertama” dapat dilihat dalam Kejadian 18: 4, kumpulan midrashim tentang kitab Kejadian.

Di sini para Rabby menggambarkan “Malam Pertama” sebagai “lonceng emas” yang mengganggu mereka di malam hari. “Lonceng emas.. dialah yang mengganggu saya sepanjang malam. Mengapa tidak semua mimpi lain melelahkan seorang pria namun mimpi keintiman ini teriadi benar-benar melelahkan seorang pria.

Karena sejak awal keintiman ini terjadi benar-benar melelahkan seorang pria. Karena sejak awal penciptaannya dia hanya dalam mimpi. Selama berabad-abad, hubungan antara “Malam Pertama” dan Lilith menyebabkan Lilith mengambil peran sebagai istri pertama Adam dalam cerita rakyat Yahudi. Pelajari lebih lanjut tentang perkembangan legenda Lilith di: Lilith, dari Zaman Pertengahan hingga Teks Feminis Modern. Apa yg terjadi di taman Eden pun terjadi pada zaman kita saat ini istri bisa memberontak kepada suami itulah sebabnya Torah menyebutnya dengan tohu wa-vohu kekacauan.

 Omeyn Shalom Aleichem Biblical Hebrew Institute Cohen Indonesia Kupang-NTTAspenas Warkey Cohen. Sumber Pustaka Rujukan: & Buku: sejarah Penciptaan Langit dan bumi, diangkat dari cerita legenda bangsa Yahudi dari Midrash Yahudi. Baskin.Judith, “Wanita Midrash: Formasi Feminin dalam Sastra Rabinik. “University Press of New England: Hanover, 2002”.Kvam, Krisen E. etal. “Hawa & Adam: Bacaan Yahudi, Kristen, dan Muslim tentang Kejadian dan Jender.” Indiana University Press: Bloomington, 1999. Biblical Hebrew Institute Cohen Indonesia Kupang NTT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *