Silahturahmi Dengan “Ritual Hamata”, Pemda Flotim Diundang Pemda Malaka Hadiri ETMC 2019

Spread the love

onlinentt.comFlotim,-Pemerintah Daerah Flores Timur, pada Kamis (20/6/2019) didatangi oleh perwakilan Pemda Malaka yakni Yohanes Laga RibuTukan (Ketua paguyuban Lamaholot Kab Malaka), Aloisius Weran (Kepala BPKAD Kab Malaka), Veronika Flora Fahik (Kepala BKPSDM Kab Malaka) dan Bernadete Seran (Anggota DPRD Kab Malaka). Kedatangan perwakilan ini diterima oleh Sekda Flotim, Paulus Igo Geroda, S. Sos.M.Ap.

Tujuan kedatangan perwakilan Pemda Malaka tersebut dalam rangka bersilahturahmi sekaligus menyampaikan undangan secara resmi kepada Pemda Flotim untuk menghadiri open seremonial El Tari Memorial Cup 2019 yang akan terjadi pada 5 Juli nanti di Kab Malaka.

Bertempat di ruangan Sekda Flotim, perwakilan tersebut menyampaikan undangan secara kearifan budaya Malaka yang disebut Hamata (mengundang) yang diawali dengan meletakkan sarung khas adat Malaka di bahu kiri Sekertaris Daerah Flotim dilanjutkan dengan mempersilahkan Sekda Igo Geroda mencicipi lok malu (siri pinang)

“Kami diutus oleh pak Bupati Malaka untuk mengundang Bupati Flotim, DPRD Flotim,  PSSI dan para kontingen untuk mengikuti acara pembukaan pada tanggal 5 Juli sampai dengan penutupan 25 Juli dalam rangka Memorial El Tari  Cap 2019,Malaka sebagai tuan rumah” kata Ribu Tukan.

Sementara, Alwosius Weran menjelaskan terkait ide Pemda Malaka melibatkan Paguyuban Lamaholot dalam penyelenggaraan El Tari Memorial cap karena Pemda Malaka menjadikan paguyuban Lamaholot menjadi bagian dari Malaka.

“Kami sebagai anak Nagi, anak lewotana merantau di sana juga merasa terpanggil untuk datang mengundang pak Bupati Flotim, Pak Sekda untuk berkenan hadir di sana” ujar Alowisius, Kepala BPKAD Kab Malaka.

 

Menanggapi undangan tersebut,  Sekda Flotim, Igo Geroda menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Pemda Kabupaten Malaka dan menyatakan kesediaan dari Pemda Kabupaten Flotim untuk mengambil bagian dalam ETMC 2019.

“Ini tentu bagian penghargaan yang sangat tinggi, pemerintah kabupaten Flotim akan memberikan penghargaan melalui kehadirannya di sana.Saya akan sampaikan kepada pak Bupati atas undangan ini dan berharap pak bupati dan berharap pak bupati hadir di sana” ucap Paulus Igo Geroda.

Selain itu, dengan adanya silahturahmi ini, Igo Geroda juga berharap ada hubungannya baik dalam penyelenggaraan pemerintahan antara Pemda Flotim dan Pemda Malaka. (*Al)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *