Kerahkan Apa yang Dimiliki Rakyat untuk Sejahterakan NTT

Spread the love

onlinentt.com-NTT, –Wakil Gubernur NTT, Drs. Josef A. Nae Soi, MM menegaskan, dalam memimpin Provinsi NTT bersama Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, SH, M.Si selalu mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki oleh masyarakat untuk mensejahterakan NTT. “Saya bersama Pak Viktor sebagai Gubernur NTT, kami mengerahkan apa yang dimiliki oleh masyarakat,” tandas Wagub Josef saat tampil sebagai nara sumber dalam acara talk show live TV Kompas, Kamis 22 Agustus 2019.


Acara yang dipandu presenter Permata Sari Harahap itu mengusung tema Potensi Unggulan Provinsi NTT dalam upaya Mengentas Kemiskinan di NTT karena hingga kini data secara nasional menempatkan Provinsi NTT sebagai provinsi termiskin ketiga setelah Papua dan Papua Barat.

Wagub yang memulai presentasi dengan menyampaikan salam kebhinekaan yang lazim didengungkan di Provinsi NTT itu lebih lanjut menyampaikan, Provinsi NTT memiliki kekayaan flora dan fauna yang luar biasa; tetapi sangat kontras karena NTT masih dikategorikan miskin. “Sesungguhnya NTT tidak miskin harta. Kita punya potensi yang sangat luar biasa. Kita miskin aksesibilitas. Kita punya banyak sumber daya tapi akses tidak ada,” jelas Wagub seraya menegaskan, “Pemprov NTT menetapkan pariwisata sebagai prime mover pembangunan di NTT.”

“Bagaimana kondisi ekonomi di Provinsi NTT,” tanya Permata Sari.

Dengan enteng sambil tersenyum, mantan Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar ini mengatakan, pertumbuhan ekonomi di NTT sekarang 6,36 %, lalu ratio elektrifikasi telah mencapai 73 % dan angka kemiskinan juga secara kualitatif menurun. “Karena itu, kami mengharapkan semua komponen masyarakat untuk bersatu padu bersama pemerintah untuk bangkit dan mensejahterakan masyarakat,” ucap Wagub.

Beberapa waktu lalu sebut Wagub, Pemprov NTT bersama institusi koperasi dan lembaga UMKM telah mendeklarasikan Masyarakat Ekonomi NTT. “Di NTT koperasi kita memiliki aset Rp 5,3 triliun. Selama ini mereka bergerak di unit simpan pinjam tetapi sekarang kita dorong mereka untuk masuk ke sektor ekonomi ril dan produktif seperti urus kelor dan garam,” kata Wagub dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang berkenan hadir dan menyaksikan panen perdana produksi garam premium di Desa Nunkurus Kabupaten Kupang, Rabu 21 Agustus 2019.

Ke depan Wagub berharap agar ada kenaikan angka pertumbuhan ekonomi lebih tinggi dibandingkan saat sekarang ini.

“Harapan kami adalah kami bisa lebih tinggi angka pertumbuhan ekonomi. Ini memang sangat ideal tetapi kami juga harus realistis,” ucap Wagub dan mengharapkan semakin banyak masyarakat dunia dan wisatawan domestik yang berkunjung ke Provinsi NTT karena NTT sekarang dikenal sebagai Nusa Terindah Toleransi dan New Teritory Tourism. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *