BPN Kota Kupang Berhasil Mencapai Target Penerbitan Sertifikat

Spread the love

onlinentt.com-Kota Kupang, –Badan Pertanahan Kota Kupang berhasil mencapai target penerbitan sertifilat  tanah.  Total target pada Tahun 2019, sebanyak 2. 000 buah sertipikat tanah telah diterbitkan semuanya tinggal tunggu instruksi dari pusat untuk membagikan kepada pemilik.

“Pada Tahun 2020 nanti kemungkinan besar bisa menurun dikarenakan beberapa Kelurahan di Kota Kupang sampai saat ini belum memasukan data-data tanah yang akan diurus sertifikatnya,”.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Badan Pertanahan Kota Kupang, Thomas  More kepada awak media, Rabu, (07/03/2019) di ruang kerjanya.

Menurut Thomas, apabila berkas masyarakat yang dimasukan sesuai syarat administrasi lengkap maka tentu proses penerbitan pun cepat namun sebaliknya maka tidak dapat dilakukan proses.

Diakui More, sebagian tanah di Kota Kupang belum bersertifikat karena kepemilikan tanah adalah tanah keluarga atau ulayat. Contoh satu hektar yang  dibagi-bagi kepada keluarga, berarti akan dibuatkan sertifikat secara terpisah sesuai masing-masing bidang yang dimiliki.

“Jadi kita programkan lagi ke tahun berikutnya agar masyrakat yang tanahnya belum bersertifikat agar dapat mengurusnya,”jelasnya.

Thomas kembali menjelaskan, berdasarkan pengalaman, pada Tahun 2017 lalu, akibat target yang terlalu tinggi maka sulit mencapainya. Selain itu ada juga indikator lain yang mempengaruhi, misalnya masyarakat pemilik tanah belum ingin mengurus sertifikat atau kemungkinan pemilik tanah tidak berdomisili di Kupang tetapi tanahnya saja yang di Kupang, terang dia.**Yulius Tamonob.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *