10 Penemuan Israel Yang Terinspirasi Oleh Kitab Tanakh Yahudi

Spread the love

Oleh: Aspenas Warkey Cohen
Breking News Israel.com-Online NTT. com, – Tahukah saudara inilah : 10 penemuan Israel yang terinspirasi dari  Kitab Tanakh Yahudi, Paskah dan Keluaran: Asal Usul Inovasi Israel dan Startup Bangsa. Ketika Paskah dimulai, orang-orang Yahudi dari seluruh dunia berkumpul di meja seder mereka untuk menceritakan kisah kuno tentang Keluaran dan perjalanan yang Musa dan Israel buat dari perbudakan menuju kebebasan.

Baruch Halevi

Seperti yang akan diingat banyak orang, klimaks dari kisah ini terjadi ketika orang Israel, yang dianiaya oleh Firaun dan tentara Mesir, menemui jalan buntu. Rute pelarian mereka terganggu karena mereka menabrak Laut Merah. Kehilangannya tampaknya hampir pasti.

Jadi, apa yang Musa lakukan?

Disaat putus asa, dia berseru kepada Tuhan untuk menyelamatkan mereka dan memberi mereka jalan melalui laut untuk menyelamatkan hidup mereka.

Apa tanggapan Tuhan?

Pada dasarnya Tuhan berkata, jangan berteriak pada saya. Saya memberi Anda ide Saya memberi Anda sebuah perjanjian. Cari tahu Temukan jalanmu sendiri. Itulah yang dilakukan Musa dan orang Israel, sebagian besar berkat seorang inovator petualang muda bernama Yosua.

Menurut tradisi Yahudi, air mulai surut, bukan dengan doa, tetapi dengan tindakan Yosua yang melompat ke laut dan mulai berenang. Hari ini ada malapetaka, baik yang diciptakan oleh manusia dan alam, yang membuat kita putus asa. Kita bisa berseru untuk keajaiban atau mengangkat tangan kita dengan putus asa.Namun, apa yang kita pelajari dari cerita ini adalah bahwa dilumpuhkan oleh masalah kita bukanlah jawabannya: selalu ada cara untuk menyeberangi lautan. Dan itu dimulai ketika kita siap dan mau melompat dan berenang.

Hari ini, 4000 tahun setelah Eksodus, pesan ini hidup dan baik dalam keturunan orang-orang Israel kuno dalam cucu-cicit mereka, orang-orang Israel. Pengusaha Inovator Ilmuwan Insinyur Pembuat enkode Peneliti … adalah pria dan wanita yang menghadapi malapetaka yang nyata dan modern:Ancaman keamanan, Kekurangan makanan, Kekurangan air,Tantangan kesehatan dan Krisis energi. Mungkin tahun ini, selain melihat ke belakang dan menghubungkan Keluaran, orang Yahudi dan non-Yahudi bersama-sama juga harus melihat-lihat dan melihat sejarah hidup di antara kita. Tahun ini, di penggilingan, kita harus berbicara tentang inovasi Israel, negara startup dan “Joshúas” muda yang membantu kita menemukan jalan ke depan. Berikut adalah 10 contoh yang bisa dimasukkan ke dalam seder Pesach. Sepuluh startup Israel menghadapi 10 malapetaka modern.

Kekurangan air (air): Keluaran 7: 14-24

Teknologi Watergen benar-benar menarik air dari nol dan digunakan untuk menyelamatkan nyawa di negara berkembang dan situasi bencana.

Infestasi makanan (katak): Ex. 7: 25-8: 15

GrainPro memproduksi GrainPro Cocoons, sebuah tas yang menawarkan para petani Afrika dan Asia cara yang sederhana dan murah untuk menjaga sereal mereka tetap segar, membantu mencegah populasi dari kelaparan.

Risiko kesehatan (kutu): Ex. 8: 16-19

MeMed telah membahas masalah penyalahgunaan antibiotik dengan mengembangkan jenis tes diagnostik baru, ImmunoXpert, untuk menentukan apakah suatu infeksi virus atau bakteri. Membuat tekad ini membantu penyedia layanan kesehatan mengatasi masalah dengan lebih efektif.

Kesejahteraan hewan (hewan liar): Ex. 8: 20-32

Memimpin revolusi “daging bersih”, Supermeat memproduksi daging yang ditanam di laboratorium yang lebih aman dikonsumsi, lebih baik bagi lingkungan dan menghilangkan kekejaman dan penderitaan hewan.

Kontaminasi makanan (ternak yang sakit): Contoh 9: 1-7

Bactusense menawarkan identifikasi dan analisis bakteri secara real-time di pabrik pengolahan makanan, sistem air, rumah sakit dan banyak lagi, dengan potensi untuk menyelamatkan jutaan nyawa yang hilang karena kontaminasi bakteri setiap tahun.

Penyakit (bisul): Ex. 9: 8-12

Zebra Medical Vision telah mengembangkan teknologi yang telah merevolusi diagnosis medis dengan “mengamati” gejala dan mengidentifikasi penyakit. Dia saat ini mampu mendeteksi penyakit seperti kanker payudara, patah tulang belakang, osteoporosis, perlemakan hati, aneurisma dan pendarahan otak.

Kerusakan lingkungan (hujan es): Ex. 9: 13-35

HARBO Technologies menangani tumpahan minyak laut menggunakan solusi mengambang yang mudah digunakan yang dapat berisi tumpahan minyak dalam waktu kurang dari satu jam.

Tanaman infestasi (belalang): Ex. 10: 1-20

BioBee mengkhususkan diri dalam pengembangbiakan serangga menguntungkan, tungau dan penyerbuk lebah dan lalat jantan steril dari buah Mediterania untuk membantu mengendalikan hama tanpa pestisida atau takut residu bahan kimia.

Gangguan visual (kegelapan): Ex. 10: 21-29

CorNeat Vision telah mengembangkan perangkat dan prosedur medis implan yang memungkinkan pasien menderita kebutaan kornea dan cedera untuk memulihkan penglihatan.

Kematian Bayi (kematian anak sulung): Kel. 11: 1-12: 36

Rangkul adalah mesin MRI pertama di dunia terutama untuk NICU. Pemindaian bayi baru lahir prematur dapat mengidentifikasi cedera otak yang dapat mempengaruhi perkembangan mereka dan mengarah pada intervensi awal.

The Seder Paskah adalah pengingat dari kutipan George Santayana, “Mereka yang tidak dapat mengingat masa lalu dikutuk untuk mengulanginya. Kami melihat kembali untuk mengingat dari mana kami berasal, tanpa melupakan untuk maju dengan keberanian, pertimbangan dan keyakinan leluhur kami.

Passover ini kita dapat belajar pelajaran-pelajaran sebelumnya secara kolektif. Mari kita secara individu melakukan bagian kita dalam menanggulangi malapetaka modern yang dihadapi umat manusia.

Generasi mendatang akan dapat mengetahui kesehatan yang lebih baik, makanan yang lebih aman, dan pasokan air yang berkelanjutan. Itu adalah kebebasan sejati. Itu adalah Pesach.

Rabbi Dr. Baruch HaLevi adalah mantan Rabi dari Sidang Shirat Hayam di Swampscott dan CEO dan pendiri Welaunch, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat yang memperkenalkan perusahaan teknologi baru Israel kepada perusahaan, investor, dan mitra bisnis.

Penelitian sebagai platform untuk pengembangan ekonomi, partisipasi komunitas Yahudi dan inovasi pendidikan Israel. Times of Israel – Terjemahan: Silvia Schnessel – Reproduksi disahkan dengan menyebutkan sebagai berikut: © EnlaceJudío México

Shalom Aleichem Biblical Hebrew Institute Cohen Indonesia Kupang NTT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *